I.
ISD
sebagai MKDU
A.
Pengertian
ISD dan IPS
ISD
Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan
yang menelaah masalah-masalah sosial, khususnya masalah-masalah yang diwujudkan
oleh masyarakat Indonesia, dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta,
konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang ilmu pengetahuan keahlian
dalam lapangan ilmu-ilmu social (seperti geografi social, sosiologi,
antropologi social, ilmu politik, ekonomi, psikologi social, dan sejarah).
IPS
IPS
(Ilmu Pengetahuan Sosial) adalah sekelompok akademis yang mempelajari tentang
aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sosialnya. ilmu ini
berbeda dengan seni dan humaniora karena menekankan penggunaan metode ilmiah
dalam mempelajari manusia, termasuk metode kuantitatif dan kualitatif.
B.
Tujuan ISD dan IPS
ISD
Ada beberapa tujuan dari
ISD (Ilmu Sosial Dasar) diantaranya adalah:
- Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah
sosial yang ada dalam
masyarakat.
- Memahami agar kita tahu perkembangan masyarakat hingga kita bisa menempatkan diri
dalam lingkungan.
- Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha –usaha
menanggulanginya.
- Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat
berkomunikasi
dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang
timbul dalam
masyarakat.
IPS
Tujuan kurikuler yang harus dicapai pada bidang studi IPS
yaitu:
1. Membekali kita dengan pengetahuan
sosial yang berguna dalam kehidupan masyarakat.
2. Membekali kita dengan kemampuan
mengidentifikasi, menganalisis, dan menyusun alternatif pemecahan masalah
sosial yang terjadi dalam kehidupan di masyarakat.
3. Membekali kita dengan kemampuan
berkomunikasi dengan sesama warga masyarakat
dan dengan berbagai bidang keilmuan serta berbagai keahlian.
4. Membekali kita dengan kesadaran,
sikap mental yang positif, dan hidup yang menjadi
bagian kehidupannya yang tidak terpisahkan.
5. Membekali kita dengan kemampuan
mengembangkan pengetahuan dan keilmuan IPS
sesuai dengan
perkembangan kehidupan, perkembanganilmu dan teknologi.
C.
3 kelompok Ilmu Pengetahuan
1. Penjelasan
Ilmu Pengetahuan Alam: adalah istilah yang digunakan yang merujuk pada rumpun ilmu
dimana obyeknya adalah benda-benda alam dengan hukum-hukum yang pasti dan umum,
berlaku kapan pun dimana pun. sedangkan dari sisi Ilmu Alamiah Dasar adalah
mempelajari tentang metode - metode ilmu kealaman dalam menjelaskan gejala -
gejala alam secara lebih filosofis.
2. Penjelasan
Ilmu Pengetahuan Sosial: adalah sekelompok disiplin akademis yang mempelajari
aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sosialnya. Sedangkan
Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah - masalah sosial,
khususnya masalah - masalah yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia, dengan
menggunakan teori - teori seperti (fakta, konsep, teori) yang berasal dari
berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu - ilmu sosial seperti
(Geografi Sosial, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ekonomi,
Psikologi Sosial dan Sejarah).
3. Penjelasan
Ilmu Pengetahuan Budaya: adalah ilmu-ilmu pengetahuan yang dianggap bertujuan membuat
manusia lebih manusiawi, dalam arti membuat manusia lebih berbudaya. Kategori
yang tergolong dalam ilmu ini seperti (Teologi, Filsafat,H ukum, Sejarah,
Filologi, Bahasa, Budaya & Linguistik (Kajian bahasa), Kesusastraan,
Kesenian, Psikologi). Sedangkan Ilmu Budaya Dasar adalah suatu ilmu yang
mempelajari dasar dasar kebudayaan pola yang terjadi dalah kehidupan sehari -
hari dalam manusia.
D. Perbedaan
ISD dan IPS
Adapun perbedaan antara keduanya
adalah :
- Ilmu Sosial Dasar diberikan di Perguruan Tinggi, sedang Ilmu PengetahuanSosial diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan.
- Ilmu Sosial Dasar merupakan satu matakuliah tunggal, sedang IlmuPengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran(untuk sekolah lanjutan).
- Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian,sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukanpengetahuan dan ketrampilan intelektual.
E. Persmaan
ISD dan IPS
Adapun persamaan antara keduanya
adalah :
- Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan/pengajaran.
- Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
- Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.
F.
Ruang Lingkup ISD
ISD meliputi
dua kelompok utama; studi manusia dan masyarakat dan studi lembaga2 sosial. yang
terutama terdiri atas psikologi, sosiologi, dan antropologi, sedang yg kemudian
terdiri atas ekonomi dan politik.
Bahan pelajaran
Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan 3 golongan :
1.
kenyataan-kenyataan social yang ada dala mmasyarakat,
yang secara bersama-sama
merupakan masalah social tertentu.
2.
konsep-konsep social atau pengertian-pengertian tentang
kenyataan-kenyataan social dibatasi pada konsep dasar atau elemnter saja yang
sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah social yang dibahas dalam
Ilmu Pengetahuan Sosial
3.
masalah-masalh yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat
dalam berbagai kenyataan
kenyataan social yang antara yang satu dengan yang
lainnya berbeda.
- Ilmu Sosial Dasar terdiri dari 8 Pokok Bahasan, dari kedelapan pokok bahasan tersebut maka ruang lingkup perkuliahan Ilmu Sosial Dasar diharapkan mempelajari dan memahami adanya :
- Ilmu Sosial Dasar terdiri dari 8 Pokok Bahasan, dari kedelapan pokok bahasan tersebut maka ruang lingkup perkuliahan Ilmu Sosial Dasar diharapkan mempelajari dan memahami adanya :
1. Berbagai masalah kependudukan
dalam hubungannya dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
2. Masalah individu, keluarga dan masyarakat.
3. Masalah pemuda dan sosialisasi.
4. Masalah hubungan warga Negara dan Negara
5. Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat
6. Masalah masyarakat perkotaan dan pedesaan
7. Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan Integrasi
8. Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.
2. Masalah individu, keluarga dan masyarakat.
3. Masalah pemuda dan sosialisasi.
4. Masalah hubungan warga Negara dan Negara
5. Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat
6. Masalah masyarakat perkotaan dan pedesaan
7. Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan Integrasi
8. Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.
Komentar
Posting Komentar